Tujuh Aset Diduga Milik Benny Tjokrosaputro Ditemukan di Sukoharjo

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak tujuh aset tanah diduga milik tersangka kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro ditemukan Kejaksaan Agung (Kejagung) di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Temuan tersebut kemudian ditindaklanjuti Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo dengan melakukan pengecekan. Satu aset diantaranya sudah terverifikasi kebenarannya.

Kepala Kejari Sukoharjo Tatang Agus Valleyantono didampingi Kasi Intel Kejari Sukoharjo Yohanes Kardinto, Selasa (4/2) mengatakan, Kejari Sukoharjo ikut membantu setelah ada instruksi dari Kejagung terkait pengusutan aset milik tersangka kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro. Hasilnya ditemukan sebanyak tujuh aset dan diperkuat dengan sertifikat tanah diduga milik Benny Tjokrosaputro.

Kejari Sukoharjo kemudian melaporkan temuan aset Benny Tjokrosaputro tersebut ke Kejagung. Kejari Sukoharjo juga melakukan pengecekan dan hasilnya satu aset diantaranya sudah terverifikasi kebenarannya milik Benny Tjokrosaputro.

“Total ada tujuh aset diduga milik Benny Tjokrosaputro berupa sertifikat tanah. Satu aset diantaranya sudah terverifikasi atau teridentifikasi sebagai aset pribadi Benny Tjokrosaputro,” ujarnya.

Sebanyak tujuh aset ditemukan di wilayah Desa Cemani dan Desa Gedangan, Kecamatan Grogol. Aset tersebut ditemukan berupa tanah tanpa bangunan.

Dalam penanganan kasus Jiwasraya ini Kejari Sukoharjo sifatnya hanya pendampingan saja. Sebab kewenangan sepenuhnya menjadi tugas Kejagung.

“Kejari Sukoharjo hanya mendampingi saja melacak dan mengecek aset. Termasuk melakukan upaya mencari ada tidaknya kemungkinan aset lain milik Benny Tjokrosaputro di Sukoharjo,” lanjutnya.

Camat Grogol Bagas Windaryatno mengatakan, benar sudah ada pengecekan dari petugas terkait dalam pelacakan aset diduga milik tersangka kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro. Verifikasi aset dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak seperti Kejari Sukoharjo, Badan Pertanahan Negara (BPN) Sukoharjo, Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan Grogol. Hasilnya ditemukan satu aset tanah atas nama Benny Tjokrosaputro.

“Benar ada satu aset ditemukan di Desa Cemani, Kecamatan Grogol milik Benny Tjokrosaputro. Verifikasi sudah dilakukan dan benar. Tapi sekarang aset tersebut sudah menjadi jalan raya dan menjadi milik negara. Hasil temuan itu sudah dilaporkan ke Kejari Sukoharjo dan diteruskan ke Kejagung,” ujarnya.

Pemerintah Kecamatan Grogol akan terus mendampingi selama ada permintaan dari Kejari Sukoharjo terkait pelacakan aset milik Benny Tjokrosaputro. Sebab sebelumnya muncul dugaan tujuh aset diduga milik Benny Tjokrosaputro. Namun hanya satu aset saja yang sudah terverifikasi kebenarannya.

“Untuk aset lainnya masih dilakukan verifikasi oleh petugas terkait,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI