Tunggu Perbaikan Pusat, Jalan Underpass Makamhaji Rusak

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pengelolaan Underpass Makamhaji di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura masih menjadi kewenangan penuh pemerintah pusat. Segala bentuk kerusakan bukan menjadi tanggungjawab daerah. Pemkab Sukoharjo sifatnya hanya membantu saja demi kepentingan masyarakat seperti memasang penutup saluran air dan direncanakan dilakukan pemasangan kamera CCTV sebagai pengawas mengingat sering terjadi kasus pencurian. Diharapkan kerusakan yang ada sekarang segera mendapat penanganan dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Underpass Makamhaji, Kartasura setiap tahun selalu terjadi masalah kerusakan. Keluhan masyarakat sering salah sasaran karena ditujukan ke Pemkab Sukoharjo. Hal itu dianggap wajar mengingat bangunan berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Meski begitu sejak dibangun pertama sekitar tahun 2012 lalu hingga 2021 sekarang belum dilakukan penyerahan pengelolaan dari pusat ke daerah. Artinya segala bentuk kerusakan masih menjadi tanggungjawab penuh pemerintah.

DPUPR Sukoharjo hanya melakukan pengawasan saja terkait kondisi Underpass Makamhaji, Kartasura. Hal itu dilakukan mengingat bangunan menjadi akses penting bagi masyarakat. Apabila muncul keluhan dari masyarakat akibat ada kerusakan maka Pemkab Sukoharjo langsung melaporkannya ke pemerintah pusat untuk dilakukan perbaikan.

“Setiap musim hujan setiap tahun selalu muncul atau ditemukan kerusakan khususnya jalan berlubang dan penutup saluran air juga rusak dan sering hilang karena dicuri,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI