Tunggu Rekomendasi, PDIP Gerilya Dukungan Parpol Lain

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih membuka peluang berkomunikasi dengan lintas partai politik (Parpol) selama rekomendasi Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) belum turun. Peluang munculnya nama baru yang akan diusung PDIP masih sangat memungkinkan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati Kamis (23/01/2020) mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan kapan rekomendasi cabup/cawabup Sragen turun. "Kami belum menerima kabar terkait kapan rekomendasi turun. Tunggu saja tanggal mainnya, pasti kami kabari kalau sudah turun," ujarnya.

Menurut Bowo, sapaan akrab Untung Wibowo, komunikasi dengan parpol lain sejauh ini terus dilakukan. Selama rekomendasi dari DPP PDIP belum turun, masih sangat terbuka berkoalisi dengan parpol manapun. "Tentunya selain mendasarkan hasil ‘fit and proper test’ para calon, DPP juga mempunyai pertimbangan terkait pasangan yang akan diusung, termasuk parpol mana yang akan diajak koalisi," jelasnya.

Adik kandung Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati ini menekankan bahwa siapa yang nantinya akan direkomendasi bertarung di Pilbup Sragen tergantung keputusan DPP PDIP. Bahkan, bisa saja nama yang direkomendasi nantinya adalah nama-nama yang di luar perkiraan.

"Masih sangat mungkin ada perubahan nama calon wakil bupati maupun calon bupati. Kami serahkan sepenuhnya ke DPP (PDIP)," tandasnya.

Saat disinggung apakah kemungkinan rekomendasi akan turun pada saat-saat terakhir seperti kebiasaaan PDIP selama ini, Bowo tidak berani memastikan. Namun dia memperkirakan Pilbup Sragen 2020, rekomendasi bukan di detik-detik akhir. "’Feeling’ saya bukan di ‘last minute’ (rekomendasi). Biar persiapan lebih panjang," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati telah mendaftar cabup melalui PDIP. Yuni mengaku siap dipasangkan dengan siapapun untuk bertarung pada Pilbup mendatang.

"Sebagai petahana, kami siap disandingkan dengan siapapun, dari partai apapun. Hanya saja kami berharap rekomendasi tidak diturunkan pada ‘last minute’ agar bisa ‘prepare’ jauh-jauh hari," ujarnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI