UKM harus fokus pelayanan

Editor: Ivan Aditya

 

 

 

 

SOLO, KRJOGJA.com – Motivator Tjia Irawan menyatakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) harus dibantu bisa fokus dalam memberikan layanan. Karena perusahaan besar berlomba-lomba meningkatkan pelayanan.

"Jadi UKM perlu dibantu agar bisa fokus memberikan pelayanan," katanya di kantor Bank Indonesia Perwakilan Solo, Kamis (19/09/2018).

Tjia dihadirkan untuk memotivasi pelaku usaha pada temu responden survey liasion dan mitra kerja BI. Suntikan motivasi ini agar ke depan bisa lebih meningkatkan ekonomi.

Menurutnya, sebelum memberikan pelayanan lebih dulu harus tahu siapa konsumennya. “Jadi harus tahu lebih dulu konsumennya, baru meciptakan tindakan yang baik," jelas Tjia.

Dengan begitu pelayanan akan lebih efektif. Karena sesungguhnya konsemen membutuhkan pertolongan atau pelayanan yang baik. Sementara kualitas produk yang ditawarkan harus memenuhi harapan konsumen.

Pimpinan BI Bandoe Widiarto mengatakan Temu Responden Survei, Liaison dan mitra kerja dengan tema ‘Peluang dan Tantangan di Era Disrupsi Ekonomi’ merupakan agenda tahunan KPW BI Solo. Ini bentuk apresiasi Bank Indonesia kepada para responden survei, liaison dan mitra kerja Bank Indonesia.

Bandoe juga memaparkan gambaran terkini perekonomian nasional dan daerah, termasuk inflasi dan isu-isu strategis yang menjadi perhatian Bank Indonesia. Pembicara lain yang tampil Asisten Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia Widyastuti Noviandari dan Wakil Ketua APINDO Wahyu Hariyanto. (Qom)

BERITA REKOMENDASI