UMS Buka PMB Lebih Awal

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Tahun ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 lebih awal. Saru bulan sebelum memasuki tahun baru 2020, pendadtaran sudah dibuka.

"Biasanya pendaftaran dibuka 2 Januari. Tahun ini 2 Desember sudah mulai dibuka,' jelas rektor Prof Dr Sofyan Anif MS pada grand opening One Day Service (ODS), Senin (02/12).

Dalam rekrutmen calon mahasiswa baru, sistem ODS sudah diterapkan swbanyak 12 kali. Prof Sofyan Anif mengakui perangkat yang dipakai ODS kadang sistemnya dibobol joki. Tapi secara umum ODS sangat efektif. Begitu pun jadwal rekrutmen calon mahasiswa yang digelar jauh lebih awal sebelum siswa SMA melaksanakan Ujian Nasional.

"Hanya sekitar 10-12 persen peserta ODS yang sudah diterima mundur. Itu pun langsung diisi yang lain," jelasnya. Untuk memperkuat sistem maupun naskah ujian agar tidak mudah dikelabuhi, UMS terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Dari catatannya sedikitnya sudah ada 25 perguruan tinggi yang studi banding dan berniat menjalankan ODS.

Tahun ini kuota mahasiswa baru sekitar 8500. Fakultas yang paling diminati adalah Kedokteran. Sistem ODS adalah transparan dan adil. Setiap pendaftar bisa mengulang tiga kali dalam mengerjakan soal. Jika belum diterima bisa mendaftar tiga kali. Pendaftar pertama ODS tahun ini ada peserta dari Denpasar Bali yang memilih Kedokteran.-(Qom)

 

UMS

BERITA REKOMENDASI