UMS Perkuat Kolaborasi Riset Dosen dan Mahasiswa

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Riset kolaborasi dosen dan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semakin dibakukan. Karena dalam tiga tahun terakhir ini pengaruhnya semakin terlihat. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian dosen mampu melahirkan karya-karya yang berbobot.

Ini terlihat bertambahnya karya mahasiswa yang lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2019 di Bali, 27-31 Agustus mendatang. "Tahun lalu karya yang lolos di PIMNAS ada dua. Sekarang bertambah menjadi empat," jelas rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif MSi usai menghadiri Expo UKM Masta PMB 2019 di Lapangan Kampus 2, Rabu (21/8).

Dengan hasil tersebut, lanjut Prof Anif, para mahasiswa baru juga akan dipacu untuk mau mengikuti riset dosen. Sebaliknya dosen juga diminta untuk selalu melibatkan mahasiswa. Kolabotasi riset ini diharapkan semakin mempertajam krreativitas mahasiswa. Sehingga tabun depan bisa lebih banyak lagi PKM yang lolos.

Kabag Minat & Bakat dan Beasiswa: Suryadi SE menyebutkan empat karya mahasiswa yang lolos di PIMNAS terdiri satu PKM Kewirausahaan dan tiga yang lain PKM Penelitian Ekstra. Rektor Prof Anif berencana akan memberiman suport mahasiswa di PIMNAS. "Saya akan berangkat ke Bali mensuport mahasiswa," katanya.

Untuk mendorong para dosen dalam melakukan riset bersama mahasiswa, pimpinan universitas memberikan penghargaan. Selain itu juga memperkuat dosen pembimbing di masing masing program studi. (Qom)

 

UMS

BERITA REKOMENDASI