UNBK dan UNKP Tingkat SMP/MTS Di Sukoharjo Lancar

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP/MTS negeri dan swasta di Sukoharjo berjalan lancar. Belum ditemukan kendala dan absennya siswa saat Ujian Nasional (UN) digelar. Kepastian diketahui setelah Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya melakukan inspeksi mendadak (sidak), Selasa (2/5).

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, pelaksanaan UNBK dan UNKP tingkat SMP/MTS negeri dan swasta lancar. Pihak sekolah telah melakukan persiapan dengan pengawasan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo.

“Belum ada temuan kendala. Ujian berjalan lancar. Kalaupun ada kekurangan kelengkapan nanti akan kita penuhi,” ujar Wardoyo Wijaya saat melakukan sidak di SMPN 1 Grogol.

Bupati mencontohkan dalam pelaksanaan UN kali ini belum seluruh sekolah baik negeri dan swasta menyelenggarakan UNBK. Seperti di satu sekolah negeri tingkat SMP yakni di SMPN 2 Baki masih melaksanakan UNKP. Selain itu masih ada sembilan MTS yang juga menggelar UNKP.

“Kebutuhan komputer akan dipenuhi dan tahun depan diharapkan semua sekolah negeri bisa UNBK,” lanjutnya.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo diminta untuk melakukan pendataan khususnya terhadap kekurangan sekolah negeri. Hal itu dilakukan agar sekolah negeri bisa menyelenggarakan UNBK tahun depan.

Kepala SMPN 1 Grogol Kris Budiyono mengatakan, total ada 316 siswa yang mengikuti UNBK. Seluruh siswa datang mengikuti ujian dan tidak ada yang absen. “Guru juga aktif melakukan koordinasi agar semua siswa bisa ikut ujian dan tidak terlambat,” ujarnya.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri mengatakan ada sebanyak 12.034 siswa SMP/MTS negeri dan swasta di Sukoharjo terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional tahun ajaran 2016/2017. Pada UN tahun ini diselenggarakan dengan sistem berbeda yakni UNBK dan UNKP.

Peserta UNBK ada 10.999 siswa dan UNKP 1.035 siswa. Sedangkan ruang yang digunakan UNBK 147 dan UNKP 57. Jumlah peserta UN tingkat SMP negeri ada sebanyak 8.007 siswa sebagai peserta UNBK. Sedangkan peserta UNKP ada sebanyak 202 siswa. SMP swasta ada 1.565 siswa peserta UNBK dan 31 siswa UNKP. MTS negeri 673 siswa UNBK, MTS swasta 754 siswa UNBK dan 833 siswa UNKP. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI