Unnes Bidik Akreditasi Asean-AUN QA

SEMARANG,KRJOGJA.com-Sepuluh orang tim Asean University Network Quality Assurance (AUN QA) dari berbagai negara di Asean melakukan peninjauan (visitasi) dan melakukan asesment di Universitas Negeri Semarang (Unnes) terkait dengan pengajuan 4 prodi dari 4 Fakultas di Unnes untuk akreditasi AUN QA.

Kedatangan mereka disambut langsung Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum beserta para wakil rektor, para dekan dan pejabat struktural Unnes lainnya di rektorat Unnes Gunungpati, Selasa (27/8/2019). Kedatangan tim disambut tarian tradisional dan pengalungan selendang kepada tiap assesor AUN QA. Selanjutnya mereka disambut Rektor beserta pejabat Unnes lainnya dan melakukan kunjungan visitasi dan assessment ke prodi  Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia S1 FBS, Prodi Biologi S1 FMIPA, Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi S1 FIK, dan Prodi Ekonomi Pembangunan S1 FE.

Rektor Unnes didampingi Wakil Rektor I Prof Dr Zaenuri SE MSi Ak dan Ketua Badan Penjaminan Mutu Unnes  Agung Yulianto SPd MSi di sela-sela visitasi kepada pers mengatakan saat ini Unnes sudah menerima Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari BAN PT dengan nilai A (unggul). Sehingga sejalan dengan visi misi sebagai universitas konservasi bereputasi internasional, selanjutnya Unnes mengajukan akreditasi internasional dan awalnya lewat akreditasi tingkat Asean seperti AUN QA.

“Unnes sudah menyiapkan dokumen untuk akreditasi dengan segala persyaratan akreditasi di antaranya dokumen kurikulum internasional, sarana prasarana seperti laboratirum dan lain lain. Selama 3 hari ini kita divisitasi dan asessment dicocokan antara dokumen yang telah dikirim Unnes dengan kenyataan di lapangan sampai wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni dan stake holder. Unnes berharap bisa terakreditasi sehingga bisa memotivasi prodi lain di Unnes serta perguran tinggi lain terutama universitas mantan IKIP atau LPTK. Karena tidak semua perguruan tinggi berani divisitasi AUN QA” ujar Rektor.

Lebih lanjut menurut Rektor, setelah nantinya Unnes terkakreditasi AUN QA maka jalan menuju akreditasi internasional lainnya semakin terbuka.  Keuntungan besar kalau Unnes terakreditasiAUN QA karena bisa menjadi strategi Unnes untuk dapat pengakuan internasional serta jalan untuk jejaring kerjasama internasioanl, riset, publikasi internasional, join degree dan lain ain. Juga sebagai motivasi Unnes dalam mencetak  SDM unggul lewat cara mengajar berstandar internasional sehingga alumni Unnes bisa diterima bekerja di semua negara Asean dan internasional. (Sgi)

 

 

BERITA REKOMENDASI