UNS Gelar Syawalan Alas Bromo Culture Festival 2022

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Syawalan Bromo Culture Festival di Alas Bromo 4 – 7 Mei. Kegiatan di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo Mojogedang Karanganyar ini diantaranya dimeriahkan bazar kuliner.

“Kegiatan Bazar Kuliner dan UMKM diikuti masyarakat dan pelaku UMKM sekitar Alas Bromo, dengan menampilkan produk unggulan daerah, berupa kuliner tradisional dan kerajinan,” jelas rektor Prof Dr Jamal Wiwoho.

Kegiatan semakin meriah dengan adanya Festival Reog yang diikuti oleh masyarakat umum memperebutkan Piala Rektor UNS dan Piagam Bupati Karanganyar.

Selain itu ada juga Festival Seni yang berupa pertunjukan tarian dan musik oleh mahasiswa UNS. Serta kegiatan High Rope Outbond dan Offroad yang merupakan ajang untuk memperkenalkan kegiatan outdoor yang ada di alas bromo ke masyarakat umum.

“Saya berharap serangkaian kegiatan Bromo Culture Festival menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar KHDTK Gunung Bromo UNS,” jelasnya.

Setidaknya untuk penduduk di sekitar, lanjutnya, ekonomi menjadi lebih baik, pendidikan lebih baik, dan tentu menjadi investasi besar bagi Kabupaten Karanganyar. Misalnya saja, saat liburan semakin banyak masyarakat di luar kota yang datang ke Karanganyar.

Sementara, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan (UPT PPK) UNS, Dwi Priyo Ariyanto PhD mengatakan selain untuk memperingati Hari Raya Idulfitri 1443 H, kegiatan Bromo Culture Festival untuk mengenalkan Alas Bromo UNS dan UMKM di sekitar Alas Bromo UNS kepada masyarakat umum.

“Adapun tujuan diadakannya kegiatan Bromo Culture Festival untuk mengenalkan dan mempersiapkan Alas Bromo UNS sebagai wisata alam dan Pendidikan bagi masyarakat umum. Membantu meningkatkan UMKM dan mengenalkan adanya hutan kota di Karanganyar, yaitu Alas Bromo UNS yang dikelola oleh UNS.-(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI