UNS Kantongi Izin Gelar UTBK 5-14 Juli

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo telah mendapat izin dari Satgas Covid Kota Solo dan Rumah Sakit (RS) UNS untuk melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) normal baru pada 5-14 Juli mendatang. Sesuai ketentuan panitia menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada semua pihak yang terlibat.

“Pemeriksakan ketat diterapkan kepada panitia pusat UTBK, peserta, maupun pengantar,” jelas Prof Dr Ahmad Yunus, ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Selasa (30/6).

UTBK digelar sesuai jadwal yang diumumkan LTMPT, tahap I pada 5-14 Juli dan tahap II 20-29 Juli. Apabila terdapat kondisi ‘force majure’ opsi tanggal yang ditetapkan adalah 29 Juli-2 Agustus. Menghadapi agenda itu SPMB telah merilis teknis pelaksanaan UTBK seperti data peserta, teknis pelaksanaan, ketentuan peserta, hingga kesiapan fasilitas UTBK.

Menurut Prof Yunus, jumlah peserta yang mengikuti UTBK normal baru di UNS 16.657 orang. Mereka berasal dari wilayah eks Karesidenan Surakarta. Terinci Boyolali 2.143 peserta, Karanganyar 3.083 peserta, Klaten 1.819 peserta, Sragen 2.109 peserta, Sukoharjo 3.101 peserta, Wonogiri 1.617 peserta, dan Solo 2.785 peserta.

Selain itu masih ada 6000 peserta dari luar eks Karesidenan Surakarta. Ada yang dari Jabodetabek maupun luar Pulau Jawa. Sesuai izin dari ijin Satgas Covid-19, yang diperbolehkan mengikuti UTBK hanya peserta dari daerah asal.

Prof Yunus menambahkan pihaknya telah menyiapkan 48 ruang komputer yang tersebar di 12 lokasi. Semua ruangan akan diatur sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Seluruh gedung dilengkapi perlengkapan kesehatan. Jarak antar peserta minimal 1,5 meter kanan-kiri dan depan-belakang,” pungkasnya. (Qom)

BERITA REKOMENDASI