UNS Lepas 1.444 Mahasiswa KKN

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Sebanyak 1.444 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai diterjunkan ke 106 kabupaten di Jawa dan 24 kabupaten di luar Jawa, , Selasa (12/01/2021). Ini adalah KKN yang ketiga di masa pandemi Covid-19.

“Dalam masa pandemi UNS tidak ingin hanya berdiam. Dalam masa pandemi seperti sekarang kita harus berinovasi dan berkarya, karena masyarakat menunggu ide-ide inovatif yang dibutuhkan,” tandas Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho.

Sebanyak 1.444 mahasiswa KKN secara resmi dilepas Wakil Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Trasmigrasi, Budi Ari Setiadi MSi secara virtual. Ia sependapat dengan rektor bahwa melalui KKN mahasiswa bisa menyalurkan inovasi yang ditemukan. “Ketika berada berada di desa, mahasiswa harus bisa memberikan inovasi dan solusi yang bisa diterima masyarakst,” kata Budi.

Menurutnya kehadiran mahasiswa ke desa merupakan sumber energi bagi masyarakat untuk pembangunan desa. Melalui energi itu desa bisa melakukan perobahan, Budi menyebutkan desa digital dan desa wisata terus dikembangkan.

Sementara Ketua LPPM, Prof Dr Okid Parama Astirin menambahkan mahasiswa KKN yang diterjunkan didampingi 70 dosen pembimbing lapangan. Mereka akan diterjunkan salam periode Januari, Februari masing masing dibekali dana Rp 850 ribu. (Qom)

BERITA REKOMENDASI