UNS Siapkan 2 Ribu Komputer Untuk UTBK

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Sekitar 2000 unit komputer telah disiapkan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-SBMPTN 2020, 5-20 Juli mendatang. Dengan situasi yang masih pandemi Covid 19, panitia pun akan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditenrukan.

“Prinsipnya UNS siap melaksanakan UTBK dan sekitar 2000 komputer sudah disiapkan untuk digunakan. Hanya saja kalau situasinya masih seperti sekarang akan ditetapkan protokol Covid 19,” jelas Prof Dr Jamal Wiwoho, rektor UNS Solo, Selasa (19/5).

Jarak satu peserta dengan peserta lain harus sesuai protokol. Dengan penerapan protokol kesehatan, maka jumlah shift UTBK di UNS dipastikan akan bertambah. “Yang akan ujian di UNS cukup banyak sekitar 18 ribu,” tambah Prof Dr Ahmad Yunus, Wakil Rektor 1 bidang akademik.

Untuk memenuhi distanching, lanjut Prof Yunus, UNS akan menggelar UTBK sehari empat kali. Ia tidak merangkul mitra lain dalam pelaksanaan UTBK, karena harus menyiapkan dokter dan tim kesehatan beserta ambulance. “Jadi UTBK hanya digelar di dalam kampus.”

Prof Yunus berharap kondisi di Solo tetap aman, sehingga dimungkinkan dilangsungkannya UTBK sesuai jadwal. Karena untuk daerah daerah yang masuk zona merah dan tidak diizinkan pimpinan daerah setempat akan dilakukan penjadwalan ulang. “Kami berharap UNS bisa berjalan sesuai jadwal.”-(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI