UNS Tambah 2 Guru Besar Baru

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Jajaran senat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tambah dua orang dua guru besar baru. Ia adalah Prof Dr Endang Sutisna Sulaeman dr MKes dan Prof Dr Sri Sulistyowati dr SpOG(K) dari Fakultas Kedokteran. Keduanya akan dikukuhkan rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS dalam sidang senat terbuka di auditorium kampus Kentingan Solo, Selasa (11/12).

Dr Endang merupakan guru besar ke 195 dan Dr Sri Sulistyowati guru besar ke 196. Sebelum dikukuhkan Prof Endang akan menyampaikan orasi "Membumikan Keadilan, Pemberdayaan, dan Promosi Kesehatan." Sedang Prof Sri Sulistyowati memaparkan "Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu yang Disebabkan Preeklampsia dengan Model Disfungsi Endothel.""

Menurut Prof Endang, kesehatan merupakan fenomena yang kompleks yang dapat dikaji dengan berbagai sudut pandang. Selama dekade terakhir, agenda kesehatan mengalami dinamika, diantaranya pendekatan pada definisi sempit yaitu kesehatan sebagai teknologi berbasis kedokteran dan intervensi kesehatan masyarakat.

Keadilan dan ketidakadilan kesehatan merupakan pilihan politik. Akar ketidakadilan adanya ketimpangan struktural dan determinan sosial kesehatan. Ini menjadi tanggung jawab pemerintah dalam upaya melindungi dan meningkatkan keadilan kesehatan.

Sedang Prof Sri Sulistyowati mengangkat masalah preeklampsia yang masih menjadi penyumbang utama kesakitan dan kematian ibu dan janin di Indonesia. Preeklampsia disebabkan maladaptasi imun yaitu interaksi imun yang tidak normal antara ibu dan janin. Di wilayah Surakarta angka kematian ibu akibat preeklampsia masih di atas 60 persen.-(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI