UNS Terima 1.497 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRjogja.com – Dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima 1.497 calon mahasiswa baru. Mereka yang telah diterima di jalur ini, namanya sudah diblokir tidak bisa mengikuti seleksi di jalur SBMPTN maupun jalur Mandiri.

“Jadi mereka yang namanya sudah dinyatakan diterima di jalur SNMPTN silakan melakukan registrasi dengan pengisian biodata mulai 23-27 Maret,” kata rektor Prof Dr Jamal Wiwoho didampingi wakil rektor 1 Prof Dr Ahmad Yunus dan Ketua UPT SPMB Prof Dr Hadiwiyono kepada pers, Senin (22/3).

Jumlah pendaftar SNMPTN di UNS tercatat 23.108 orang atau naik 1,8 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 1.497 yang lolos, 372 diantaranya pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) atau 24, 85 persen. “Angka KIP Kuliah ini sudah diatas 20 persen.”

Menurut Prof Jamal, 34 propinsi yang ada terangkum dalam 1.497 yang dinyatakan lolos. Yang menggembirakan tingkat keketatan naik menjadi 1: 20. Jadi untuk berkuliah di UNS semakin sulit. “Artinya reputasi UNS di mata calon mahasiswa semakin positif.”

Disebutkan, program studi Farmasi berhasil menduduki posisi 2 untuk rangking keketatan nasional bidang Saintek. Sementara program studi Psikologi dan Informatika masuk 20 besar.

Setelah berstatus PTNBH, tambah Prof Jamal, UNS dalam penerimaan mahasiawa baru tahun akan menerima dari jalur SNMPTN 20 persen, kemudian SBMPTN 35 persen dan jalur Mandiri 45 persen.-(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI