UNS Ujicoba Kuliah Tatap Muka di 3 Fakultas

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRjogja.com – Kuliah tatap muka mulai diujicoba di 3 fakuktas Universitas Sebelas Maret(UNS) Solo, Rabu (07/4). Yakni di Fakultas Hukum, Fakuktas Kedokteran dan Fakultas Krolahragaan. Kuliah tatap nuka ini disambut gembira mahasiswa, karena mereka sudah merindukan.

Kuliah tatap muka merupakan pilihan. Jadi mahasiswa bisa pilih kuliah daring atau luring (tatap muka). “Kalau pilih tatap muka bersyarat, harus mendapat ijin orangtua, mahasiswa menginginkan tatap muka serta memenuhi protokol kesehatan Covid 19,” kata rektor Prof Dr Jamal Wiwoho ketika meninjau pelaksanaan kuliah tatap muka di Fakultas Hukum.

Disamping perkuliahan tatap muka, UNS juga menerapkan aktivitas luring pada kegiatan kegiatan akhir seperti ujian skripsi/tesis. Jika pada tahapan ujicoba berjalan lancar dan tidak terjadi masalah, berikutkan akan dikembangkan lagi. “Kuliah tatap muka akan dikembangkan lagi pada semester berikutnya,” katanya.

Pihak UNS menerapkan protokol kesehatan yang ketat termasuk mengawasi kemungkinan adanya kerumunan. Tiga fakultas yang menjalani ujicoba jaraknya jauh sehingga diperhitungkan tidak menimbulkan kerununan. Sementara di setiap ruang hanya diisi maksimal 25 mahasiswa. Dan setelah kuliah berakhir, mahasiswa diminta langsung pulang.

“Jangan berkerumun di kantin. Habis kuliah mereka kami minta langsung pulang. Kami akan mengawasi mereka,” jelas Prof Jamal. Mahasiswa terlihat gembira ketika menjalani ujicoba kuliah tatap muka. Apalagi mereka yang menjalani adalah mahasiwa angkatan 2020 yang sejak pertama hanya menjalani kegiatan daring.

Dari ujicoba diatas Prof Jamal berharap tidak menimbulkan kluster baru penyebaran Covid 19. Sehingga pada semeter depan bisa dikembangkan lagi. (Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI