Upacara di Puncak Lawu Peringati Sumpah Pemuda

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Semangat persatuan dalam menepis perbedaan menggelora pada upacara Sumpah Pemuda yang berlangsung di puncak Gunung Lawu, Sabtu (28/10/2017) pagi. Ratusan peserta ekspedisi yang dipimpin para tokoh di Kabupaten Karanganyar menegaskan kembali cita-cita tanah air Indonesia, menjaga keutuhan bangsa Indonesia dan menghormati bahasa Indonesia.

Ratusan peserta ekspedisi tersebut berada di puncak Hargo Dumilah usai mendaki jalur ekstrem dari pos paling bawah di Cemoro Kandang. Masing-masing membawa bendera merah putih sampai ke titik tertinggi gunung di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur ini untuk menyiapkan upacara hari peringatan Sumpah Pemuda ke-89.

Mereka juga mengibarkan bendera merah putih berukuran belasan meter di level ketinggian 3.265 meter di atas permukaan air laut itu. Perjalanan melelahkan selama lebih dari tujuh jam terbayar lunas dengan sajian memukau kaki langit.

Masing-masing peserta saling menyemangati, termasuk para pejabat forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) yang ikut diantara 284 peserta ekspedisi. Mereka adalah Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wabup Rohadi Widodo, Kapolres AKBP Henik Maryanto, Komandan Kodim 0727 Karanganyar, Letkol CZI Santy Karsa Tarigan dan jajarannya.

“Ini totalitas memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mendekatkan dan menyatu  dengan alam. Juga mendekatkan diri kepada Tuhan, belajar banyak ciptaan-Nya yang luar biasa ini," kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, jelang pemberangkatan rombongan di Cemoro Kandang, Jumat (27/10/2017).

Pendakian massal Gunung Lawu pada tahun inijuga dimaknai semangat para pemuda sebagai puncak pengabdian kepada bangsa dan negara. Usai upacara bendera dan mengikrarkan Sumpah Pemuda, rombongan menuruni jalur pendakian menuju Candi Cetho di Kecamatan Jenawi.

Regu penjemput VIP telah bersiap di pos RPH Tambak, Ngargoyoso. Di hari yang sama, diadakan Jambore Pemuda yang diikuti sebanyak 375 pemuda perwakilan tiap desa di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari 2 malam, Jumat-Minggu (27-29/10/2017) di Bumi Perkemahan Sekipan, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu.

Selama berlangsung jambore, mereka ditempa materi kepemudaan, wawasan kebangsaan, kewirausahaan dan materi lainnya. Kemudian dilanjutkan upacara Sumpah Pemuda yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar Samsi dengan peserta anggota TNI, Polri, PNS dan peserta jambore pemuda. (Lim)

BERITA REKOMENDASI