Usai Dikukuhkan Guru Besar UNS, Prof. Wiryanto Meninggal Dunia

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Prof Dr Wiryanto MSi, Guru Besar Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Solo (UNS), Kamis (29/3) sekitar pukul 16.14 meninggal dunia di RSUD Dr Moewardi Solo. Kabar duka ini sangat mengagetkan sejawat guru besar maupun warga kampus yang lain, karena pada pukul 12.00 ia usai dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Sumber Daya Air Tawar.

Bapak tiga putra kelahiran Sragen 1 Agustus 1953 sebelumnya diketahui memiliki riwayat sakit jantung. Mungkin karena capek mengikuti prosesi pengukuhan sebagai Guru Besar membuatnya drop dan harus dilarikan ke rumah sakit. Namun Guru Besar UNS yang ke 191 akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Sekretaris senat Prof Sahid Teguh Widodo ketika dikonfirmasi membenarkan kabar di atas. Ia mengaku kaget ketika menerima kabar duka Prof Wiryanto. Karena ketika menyalami memberikan ucapan selamat terlihat segar. "Kalau capek setiap Guru Besar yang dikukuhkan merasakan sama. Tapi saya melihat beliau tadi segar," jelasnya.

Rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS juga mengaku kaget ketika diberi kabar meninggalnya Prof Wir. Karena dalam pelantikan tidak ada tanda apa-apa. "Saya juga tidak punya filling apa-apa," ungkap Prof Ravik. Dan usai pengukuhan Prof Wir menyatakan diri ingin bergabung di Komisi A (Pendidikan).

Sementara Lucia Dwi Pujiastuti, keponakan Prof Wiryanto yang ikut mengukuti upacara pengukuhan di auditorium sempat mbatin pakdhenya terlihat pucat. Karena belum lama sakit jantung. Jadi unsur kelelahan bisa menjadikan penyebab. 

Apalagi Prof Wiryanto dalam mempersiapkan pengukuhan termasuk orasi guru besar disiapkan sendiri. Ia menyampaikan orasi Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu berbasis kearifan lokal.-(Qom)

 

 

UNS

BERITA REKOMENDASI