Usai Idul Adha, Harga Sembako di Sukoharjo Stabil

Editor: Agus Sigit

Harga kebutuhan pokok pangan lain juga stabil terlihat pada komoditas bawang merah Rp 25 ribu per kilogram, bawang putih Rp 15 ribu per kilogram dan kedelai Rp 10 ribu per kilogram.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo terus melakukan pemantauan terkait harga dan stok barang kebutuhan pokok pangan. Sutarmo menjelaskan, pada kondisi sekarang aktivitas di pasar tradisional mengalami penurunan dan berdampak pada pedagang. Disisi lain suplai barang terus berdatangan dari petani dan distributor.

“Bahan pokok berupa beras dan sayuran masih melimpah dan stok terus bertambah setelah petani panen. Dampaknya harga kemungkinan bisa kembali turun,” lanjutnya.

Pedagang daging ayam di Pasar Kartasura Suyanti mengatakan, harga daging ayam stabil dan cenderung turun saat ini. Per kilogram harga daging ayam hanya Rp 30 ribu. Padahal sebelumnya harga daging ayam sempat naik hingga Rp 36 ribu pada awal Juli lalu. Penurunan harga terjadi karena sepinya permintaan masyarakat akibat pandemi virus corona.

“Stok daging ayam banyak tapi pembeli sepi dan mengakibatkan harga turun. Kalau terus sepi kemungkinan harga daging ayam akan terus turun,” ujarnya.

Suyanti mengatakan, sepinya permintaan daging ayam salah satunya karena tidak adanya hajatan warga. Pesta pernikahan dan acara kerumunan massa lain masih dilarang.

“Saat Idul Adha permintaan daging ayam biasanya tinggi tapi tahun ini tidak. Harapannya pada Agustus ini permintaan tinggi dan harga naik lagi,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI