Usai Musyawarah, Ganti Rugi Waduk Pidekso Cair

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Partanahan Nasional (ATR/BPN) Wonogiri, Cahyono SH MH, mengisyaratkan pembayaran uang ganti rugi menyusul proyek pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri segera cair. Tim penaksir independen (aprisial) sudah menyerahkan data para calon penerima ganti rugi  kepada pihak ATR/BPN maupun pemkab setempat.

"Kita harapkan sebentar lagi, kami tengah menunggu hasil musyawarah warga atau mereka yang terdampak," tandas Cahyono, Rabu (14/06/2017).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo juga menyampaikan sinyal akan adanya pembayaran ganti rugi tanah terdampak proyek Pidekso Giriwoyo. Menurut Kepala ATR/BPN Wonogiri, karena sekitar 1.600 kepala keluarga (KK) korban pembangunan waduk seluas 332 hektare itu adalah di bawah pemerintah desa dan kecamatan maka kepala BPN/ATR juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak Pemkab Wonogiri yang punya wilayah maupun warga.

"Kami ingin dengan persiapan yang matang ini semua pihak baik BPN, Pemkab serta para warga menerima keputusan ganti rugi dengan senang dan nyaman tanpa menyisakan masalah di kemudian hari," kata Cahyono sembari menaskan penyerahan ganti rugi kepada 1.600 KK bakal dilakukan secara transparan melalui musyawarah. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI