Usia 12 Tahun Plus Dibolehkan Vaksinnasi

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Vaksinasi Covid-19 mulai menyasar kalangan usia 12 tahun plus, dari sebelumnya 18 tahun plus. Pendaftaran dibuka melalui daring dan dilayani di Centra Vaksinasi Covid-19 di gedung PMI Karanganyar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Purwati mengatakan vaksinasi ke usia di bawah 18 tahun sudah diizinkan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “BPOM membolehkan yang usia 12-17 tahun divaksin. Per 1 Juli kemarin sudah boleh mengikuti vaksinasi,” katanya, Sabtu (10/07/2021).

Adapun pendaftaran untuk kalangan muda tersebut diarahkan melalui tautan yang telah dipublikasikan Dinas Kesehatan pada Jumat (09/07/2021). Tautan itu dapat diakses secara elektronik di ponsel pintar atau perangkat IT lainnya. Adapun pendaftarannya dibuka mulai Jumat malam kemarin.

“Mengisi pendaftaran di google form. Kenapa dengan cara seperti ini? Sebab anak-anak usia itu lebih menguasai teknologi dibanding orang dewasa atau lansia. Pasti bisa dan mudah serta cepat. Asal teliti mengisinya,” katanya lagi.

Pelaksanaan vaksin bagi kalangan tersebut tergantung ketersediaan logistik. Namun untuk sementara, dilayani di Centra Vaksinasi Covid-19 dibuka di gedung PMI Karanganyar mulai Senin (12/07/2021). Purwati menyebut vaksin centre melayani penyuntikan 200 dosis perhari.

Nantinya, vaksin centre itu tak hanya melayani vaksinasi bagi usia 12-17 tahun saja. Melainkan di usia 18 plus dari berbagai kalangan.

“Saat mendaftar, otomatis dijadwalkan untuk dosis pertama dan sebulan lagi untuk dosis kedua. Bagi yang belum punya KTP, mendaftar dengan mengisi NIK ke sistem,” katanya.

Ia mengakui logistik vaksinasi di Vaksin Centre PMI bukan hanya dikelola Dinas Kesehatan. Melainkan juga penyaluran dari TNI dan Polri. Sedangkan pelaksana vaksinasi juga tidak sepenuhnya nakes dinasnya.

“Kami meminta bantuan relawan dari alumni dan mahasiswa semester akhir sekolah kebidanan serta STIKES di Karanganyar. Pertimbangannya, mereka sudah cukup terlatih. Sebab nakes di Puskesmas juga terbatas jumlahnya. Mereka masih banyak tugas melakukan tracing, tes dan treatment kasus Covid-19 di desa,” katanya.

Data Dinas Kesehatan Karanganyar hingga Kamis (08/07/2021) menyebutkan sasaran vaksinasi 570.166 jiwa. Dari jumlah itu sudah tervaksin tahap pertama 109.305 atau 19,2 persen sedangkan dosis tahap kedua 72.807 atau 12,8 persen.

Kalangan prioritas seperti pelayan publik, lansia dan nakes hampir selesai divaksin. Namun vaksinasi bagi masyarakat umum baru 1,1 persen atau setara 4.800 orang di tahap I. Sedangkan tahap kedua belum sama sekali atau 0 persen. (Lim)

BERITA REKOMENDASI