Vaksin Booster Belum Siap DKK Ajukan 3.000 Dosis

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dosis ketiga vaksin Covid-19 bagi kalangan berisiko sedang disiapkan. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mengajukan 3.000 dosis ke Pemprov Jateng, guna mencukupi kebutuhan vaksin booster tersebut.

Kepala DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, pengiriman vaksin tersebut telah diusulkan ke Dinkes Jateng sejak Kamis (13/1/2022). Sesuai aturan, vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksin booster dengan sasaran lansia dan kelompok rentan.
Syaratnya, mereka harus sudah mendapatkan sampai multi dosis dengan jangka waktu minimal enam bulan dari yang terakhir. Untuk jenis vaksin, DKK menunggu arahan dari provinsi.
“Kalau sudah dapat kita akan mulai vaksin booster ke lansia dan kelompok rentan. Kita usulkan 3.000 dosis, kita belum tahu dapatnya jenis dosis vaksin apa,” katanya.
Dia menuturkan, vaksin yang diusulkan ke Dinkes Jateng itu terbilang sedikit lantaran sasaran lansia dan kelompok rentan di Kabupaten Karanganyar cukup banyak. Meski demikian, pihaknya masih berkonsentrasi menyelesaikan vaksin primer dan vaksin anak usia 6-11 tahun.
Ia menegaskan, pemberian vaksin booster ditangani di fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah dan Vaksin Center.
Berdasarkan data yang dihimpun dari DKK Karanganyar, vaksin dosis I bagi anak usia 6-11 tahun mencapai 58.119 atau 83,23persen hingga Minggu (16/1/2022). Secara keseluruhan, vaksin primer dosis I 96,12 persen atau 794.893 orang. (Lim)

BERITA REKOMENDASI