Vaksinasi Nakes Tercapai 76 Persen

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Vaksinasi terhadap 3.331 nakes di Kabupaten Karanganyar tercapai 76 persen hingga Kamis (28/01/2021). Tersisa 764 nakes berstatus vaksin tunda dan gagal.

Plt Kepala DKK Karanganyar, Sundoro mengatakan sasaran vaksin sebanyak 3.331 nakes. Dengan masing-masing dua kali injeksi, maka mereka membutuhkan 6.960 dosis. Sejak vaksinasi nakes dimulai Senin (25/01/2021) hingga ditarget selesai Kamis (28/01/2021), sebanyak 2.567 nakes berhasil divaksin atau 76 persen dari target.

“Targetnya 100 persen berhasil divaksin sampai Kamis kemarin. Tapi berbagai hal menyebabkan nakes tertunda dan gagal divaksin,” katanya, Jumat (29/01/2021).

Mereka yang tertunda divaksin, dijadwalkan lagi pada tiga hari setelah kondisi fisik memungkinkan. Mereka harus dicek ulang di meja skrining. Problemnya pada tekanan darah naik saat hendak diinjeksi vaksin, sedang berpuasa dan sebagainya.

Sedangkan yang gagal divaksin, disebabkan penyakit bawaan atau kondisi komorbiditas seperti penyakit komplikasi dan hipertensi. Mereka yang gagal divaksin juga disebabkan pernah terpapar Covid-19.

“Separuh nakes di Puskesmas Kerjo gagal divaksin. Mereka pernah terpapar Covid-19. Sekarang sebagian sudah sembuh. Ada juga yang masih isolasi mandiri,” jelasnya.

Berdasarkan catatannya, 8,5 persen dari total sasaran 3.331 nakes berstatus tunda vaksin. Sedangkan yang gagal divaksin 376 nakes. “Yang berstatus tunda, silakan mengulang lagi di fasyankes dimana dia terdaftar divaksin. Di Karanganyar, 21 puskesmas dan dua rumah sakit melayani vaksinasi bagi nakes,” katanya.

Kini, DKK menunggu instruksi dari Kemenkes melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah terkait injeksi vaksin Sinovac tahap II. Ini terkait dropping logistik lanjutan yang dibutuhkan dalam menginjeksi.

Ia juga menanti instuksi vaksinasi bagi sasaran prioritas selanjutnya seperti TNI, Polri serta pejabat dan pelayan masyarakat lainnya. “Hasil evaluasi seperti apa. Kemudian efek yang dirasakan para nakes bagaimana. Ini belum semua terkonfirmasi. Sambil menunggu dropping selanjutnya, kita selesaikan dulu evaluasi di tahap I vaksinasi nakes,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI