Vaksinasi PMK di Wonogiri Sasar Enam Kecamatan

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Enam kecamatan di Wonogiri masuk peta daerah sasaran untuk distribusi vaksin PMK atau penyakit mulut dan kuku. Wilayah-wilayah itu sebagai lokasi awal penyuntikan vaksin PMK. “Enam wilayah itu Kecamatan Wuryantoro, Manyaran, Purwantoro, Jatisrono, Giritontro dan Batuwarno,” terang Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada wartawan, Selasa (28/06/2022).

Pihaknya menilai, enam kecamatan yang dipilih untuk dilakukan vaksinasi perdana itu ditetapkan Pemkab atas rekomendasi dokter hewan. “Kita pastikan pemetaan yang dilakukan ini sudah memperhatikan kaidah-kaidah klinis untuk melakukan antisipasi. Hari ini sudah (dimulai) alan vaksinasi,” kata dia.

Diakui, beberapa waktu lalu Pemkab Wonogiri mengajukan permintaan vaksinasi PMK menyusul maraknya kasus itu ke Gubernur Jateng untuk 160-170 ribu sapi di daerahnya. Namun belakangan, tutur bupati yang akrab disapa Jekek ini, Wonogiri sementara mendapat droping 1.500 vaksin PMK.

Hingga siang tadi, perkembangan kasus PMK di Wonogiri ada 336 kasus suspect. Kecamatan terparah terkena wabah PMK berada di wilayah Wonogiri timur yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI