Vaksinasi Virus Corona Sukoharjo Penuhi Target 70 Persen

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Kabupaten Sukoharjo pada pekan ini berhasil menuntaskan target vaksinasi virus Corona sebesar 70 persen. Angka tersebut baru terealisasi untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua baru tercapai 24 persen. Total sasaran vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 719.754 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Jumat (8/10) mengatakan, pada tengah pekan ini target vaksinasi virus Corona sebesar 70 persen berhasil direalisasikan. Pencapaian tersebut setelah sebelumnya dilaksanakan percepatan vaksinasi virus Corona disemua wilayah di Kabupaten Sukoharjo.

Realisasi target 70 persen vaksinasi virus Corona sudah lama ditunggu Pemkab Sukoharjo. Sebab pemerintah pusat sudah menekankan kebijakan tersebut sebagai upaya mempercepat pembentukan kekebalan komunal masyarakat.

DKK Sukoharjo mencatat 70 persen vaksinasi virus Corona yang sudah tercapai tersebut baru untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua baru mencapai angka 24 persen. Secara keseluruhan total sasaran vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 719.754 orang.

“Target dari pemerintah pusat sudah tercapai sebesar 70 persen vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo pada tengah pekan ini. Tapi baru dosis pertama. Sedangkan dosis kedua baru 24 persen,” ujarnya.

Capaian vaksinasi virus Corona dosis kedua dikatakan Yunia memang masih rendah. Sebab untuk melaksanakan vaksinasi dosis kedua memerlukan waktu dan jadwal interval yang disarankan vaksinator.

Jadwal vaksinasi virus Corona dosis kedua sudah ditetapkan dan warga yang menjadi sasaran bisa datang meminta pelayanan pada petugas. Warga atau sasaran dipastikan menerima dosis kedua vaksin virus Corona. DKK Sukoharjo memberikan jaminan setelah melihat stok vaksin melimpah dan sasaran tersebut sudah terdata.

Meski sudah mencapai target namun percepatan vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo masih terus dilaksanakan. Petugas masih memberikan pelayanan mengingat masih ada warga yang belum menerima vaksin virus Corona. DKK Sukoharjo setelah memenuhi 70 persen vaksinasi virus Corona juga akan memberikan pelayanan vaksin pada warga luar daerah.

Ketersediaan vaksin virus Corona di Kabupaten Sukoharjo sekarang mencukupi. Hal itu setelah pemerintah pusat memberikan tambahan kiriman dan jaminan pemenuhan kebutuhan vaksin virus Corona. Pelayanan vaksinasi virus Corona bagi warga luar daerah dilakukan disemua wilayah di Sukoharjo.

“Sabtu nanti kita siapkan klinik yang akan melayani vaksinasi virus Corona untuk semua warga. Dalam upaya menciptakan kekebalan komunal masyarakat dalam lingkup lebih luas yakni aglomerasi Solo Raya,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI