Wah..Embung Tirtonadi Bakal Dilengkapi Jembatan Kaca

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Bendung karet dan embung Tirtonadi yang diproyeksikan menjadi kawasan wisata air selain pula infrastruktur pengendali banjir Kali Anyar dan Kali Pepe, akan dilengkapi dengan jembatan kaca. Konstruksi kaca jembatan yang melintang di atas Kali Anyar tersebut, meliputi bagian atap serta beberapa titik pada lantai, sehingga memberi sensasi pandangan dari atas jembatan ke permukaan aliran sungai.

Walikota Solo, menjawab wartawan, di Balaikota, Senin (30/4), mengungkapkan, kawasan bendung karet dan embung Tirtonadi yang saat ini memasuki tahap pengerjaan konstruksi, dikembalikan pada nuansa masa lalu sebagai wahana rekreasi air. Dahulu, Tirtonadi dikenal sebagai tempat wisata indah, bahkan sempat diabadikan komponis keroncong Gesang, lewat lagunya bertajuk Tirtonadi Yang Permai. Puluhan tahun kawasan wisata semasa kejayaan Pura Mangkunegaran tersebut, terbengkelai serta berubah menjadi kawasan kumuh.

Sekarang, kawasan tersebut dibenahi kembali, berkaitan dengan program penanganan banjir yang ditangani Bali Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWBS) sejak tahun lalu. Berbagai fasilitas dalam pengembangan wahana wisata disiapkan, jelas walikota yang akrab disapa Rudy, diantaranya Galeri Sungai yang saat ini siap dioperasikan, bendung karet, embung penampung air, jembatan kaca, taman di tepi sungai, dan sebagainya. "Jika fluktuasi aliran Kali Anyar dan Kali Pepe sudah terkendalikan sepanjang musim lewat bendung karet dan embung, akan menjadi wahana wisata air.

Di sisi lain, Kepala BBWSBS, Charisal A Manu, menjelaskan, di atas aliran Kali Anyar, nantinya dibangun dua jembatan. Satu jembatan yang dibangun besebelahan dengan jembatan Gilingan saat ini, difungsikan sebagai infrastruktur transportasi darat, sedangkan jembatan kaca yang berada di atas embung Tirtonadi, khusus untuk kepentingan pariwisata.

Secara teknis dia menyebutkan, pembangunan jembatan kaca, terutama pada bagian lantai telah diperhitungkan secara cermat. Tidak seluruh lantai jembatan terbuat dari bahan kaca, jelasnya, namun hanya beberapa titik dan berfungsi sebagai view

pandangan ke bawah. (Hut)

BERITA REKOMENDASI