Warga Dusun Jenar Gelar Festival Encek

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Ratusan warga Dusun Jenar, Pracimantoro, Wonogiri memadati halaman balai dusun, Rabu (06/09/2017). Sekitar 265 kepala keluarga (KK) dari 4 wilayah RT di dusun itu tengah menggelar sedekah bumi tradisi bersih dusun atau biasa disebut Rasulan. Keunikan acara yang sudah rutin digelar warga setempat dengan adanya festival encek (tempat nasi dari gedebok pisang).

Tokoh Dusun Jenar yang juga Camat Pracimantoro, Warsito SSos MSi membuka acara bersih dusun dengan sambutan singkat. Menurut Warsito, festival encek dalam Rasulan sebagai simbol kesyukuran warga Jenar yang telah dikaruniai pelbagai keberhasilan dan kesejahteraan.

"Dengan bersih dusun kita berharap persatuan dan persaudaraan sebagai keluarga besar Dusun Jenar semakin erat dan kokoh," katanya.

Bersih dusun atau rasulan Dusn Jenar yang dihadiri anggota DPRD Wonogiri asal Pracimantoro Novri Roesmono semakin semarak dan meriah dengan pentas seni reog sebelum prosesi sedekah bumi itu dimulai. Menutup rangkaian tradisi bersih dusun ala Dusun Jenar, panitia memberikan suguhan hiburan pentas wayang kulit semalam suntuk dengan mengangkat cerita Wahyu Ponco Purbo oleh dalang Ki Seno Aji. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI