Warga Miskin Dilatih Berwirausaha

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Sebanyak 55 warga miskin dan berkebutuhan khusus di Karanganyar diberi pelatihan berwirausaha selama dua pekan di sejumlah balai latihan kerja. Selain itu, mereka juga diberi sarana produksi.

“Mereka diberi kelas khusus selama dua pekan antara Juni-Juli 2016. Ada beberapa balai latihan kerja yang ditunjuk, seperti di Bangsri Karangpandan, Panti Aisyiyah Bejen dan di tempat latihan kerja di kantor dinas dan Tawangmangu,” kata Kepala Dinsosnakertrans Karanganyar, Agus Heri Bindarto kepada KRjogja.com.

Menurut Heri program ini dibiayai APBD dan APBN tahun 2016 yang disalurkan melalui tata kelola Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans). Para peserta pelatihan dipilih dari kalangan kurang mampu namun beretos kerja tinggi serta penyandang disabilitas. Dari kalangan normal, sebanyak 15 orang dilatih menjahit, 10 orang dilatih mengolah hasil pertanian dan 10 orang dilatih pertukangan. Sedangkan dari kalangan disabilitas, sebanyak 20 orang dilatih menjahit dan perbengkelan.

"Pendampingan guna membekali pengetahuan dan keterampilan manajemen dan teknis bagi wirausaha mandiri. Jenis bantuan juga disesuaikan bidang yang digeluti misalnya mesin jahit serbaguna, alat pemarut singkong, alat pelecet kedelai, alat pertukangan mesin bubut, gergaji, alat perbengkelan sampai kompresor." (M-8)

BERITA REKOMENDASI