Warga Umum Sudah, Baksos SAR Karanganyar Geser ke Ponpes

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – SAR Karanganyar mengalihkan bakti sosial bantuan sayuran segar dan sembako ke penghuni pondok pesantren, dari sebelumnya ke sasaran masyarakat umum. Kalangan pondok pesantren dinilai tetap membutuhkan bantuan itu dibanding kalangan umum.

Koordinator Operasi SAR Karanganyar, M Rasyid Al Fauzan mengatakan baksos ke ponpes sudah dilakukan delapan kali. Tiap pengiriman sembako tiap Jumat yang berjeda dua pekan.

“Lima kali ke ponpes di Jenawi dan lainnya ke ponpes di Kerjo, Karangpandan dan Karanganyar Kota,” kata Fauzan kepada KR

, Senin (20/9).

Ia mengatakan isi paket sembako berupa sayuran segar, beras, telur, mi instan dan buah-buahan. Baksos tersebut diantar ke ponpes sasaran pada pagi sebelum Salat Jumat. Paket tersebut dikemas selama dua pekan sebelumnya sambil mengumpulkan donasi dari masyarakat.

“Sumbernya iuran anggota dan donatur dari masyarakat,” katanya.

Komandan SAR Karanganyar, Prihanto mengatakan baksos dengan sasaran masyarakat umum, untuk sementara dihentikan. Alasannya, kalangan tersebut mulai mandiri dan berdikari seiring level PPKM menurun.

“Ini sudah level 3. Masyarakat sudah bisa berusaha dan berkegiatan meski juga terbatas. Namun tidak seperti level 4 kemarin yang benar-benar sulit mencari makan. Sehingga bantuan ke mereka dihentikan dulu. Dialihkan ke kalangan lebih membutuhkan seperti ponpes,” katanya.

Ia mengapresiasi ke semua donatur yang telah menyumbangkan materi maupun pemikiran demi mempertahankan hidup kalangan marginal atau yang terdampak PPKM. Donatur dari berbagai kalangan seperti penati lereng Lawu, petani lereng Merbabu dan para pedagang hingga sukarelawan SAR. (Lim)

BERITA REKOMENDASI