Warga Wonogiri Diimbau Selalu Waspada Bencana

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Berdasarkan pemetaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) daerah Wonogiri masuk sebagai wilayah zona merah terjadi bencana alam. Karena itu Bupati Joko Sutopo minta semua pihak termasuk masyarakat melakukan langkah antisipatif agar bencana alam bisa ditekan seminimal mungkin.

“Termasuk antisipasi dengan mengingatkan publik, saat ini sudah masuk musim penghujan,” ujar Bupati Joko usai acara Sarasehan Kesiapsiagaan Bencana Antisipasi Dampak Musim Hujan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri Kamis (18/11/2021).

Menurut dia, ada potensi terjadinya bencana alam di Wonogiri. Sebelum sarasehan yang diikuti oleh Forkompimda, relawan dan unsur terkait, bupati memimpin apel siaga sebagai tanda kesiapsiagaan mengantisipasi dan menangani bencana alam.

Diakui ada sejumlah bencana yang sering melanda kabupaten ini saat musim penghujan diantaranya tanah longsor, banjir hingga puting beliung mengingat Wonogiri banyak pegunungan dan lembah.

Di sisi lain, Bupati mengatakan sudah banyak Desa Tangguh Bencana (Destana) di daerahnya. Dia siap mendorong semua desa untuk menjadi Destana sehingga juga bisa melahirkan keluarga tangguh bencana. Kesadaran masyarakat juga harus tumbuh mengingat masuknya Wonogiri sebagai daerah zona merah bencana alam. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI