Warung Esek-Esek Kemukus Masih Operasi, Satpol PP Tingkatkan Patroli

Editor: Agus Sigit

SRAGEN, KRJOGJA.com – Puluhan tempat karaoke, warung minuman keras (miras) dan esek-esek berkedok penginapan masih beroperasi di kawasan wisata Gunung Kemukus, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Kondisi ini tidak sejalan dengan niatan pemkab setempat yang ingin menjadikan New Kemukus sebagai destinasi wisata keluarga dan budaya.

Padahal, aparat Satpol Pamong Praja (PP) setempat sudah berkali-kali mendatangi lokasi dan melakukan pembinaan. Namun keberadaan warung dan penginapan yang melanggar tersebut masih saja beroperasi. Terbaru, Satpol PP juga menggelar patroli di kawasan Gunung Kemukus, Rabu (23/3).

Petugas melakukan pendataan dan pembinaan untuk pemilik usaha karaoke, warung dan penginapan. Intinya, mereka diminta untuk tidak menyalahgunakan warung atau tempat usahanya dipakai kegiatan yang melanggar aturan. “Kami mendapat banyak laporan terkait warung-warung yang menjual miras atau penginapan yang disalahgunakan. Makanya kami melalukan patroli sekaligus pendataan. Kami tetap mengutamakan pendekatan persuasif dulu sebelum melakukan tindakan,” ujar Kepala Satpol PP Sragen, Agus Winarno di sela patroli.

Menurut Agus, pendataan sejauh ini diketahui terdapat 25-30 tempat karaoke di Gunung Kemukus. Selain itu, belasan warung diketahui menjajakan miras serta puluhan rumah yang dijadikan penginapan. “Wisatawan atau peziarah dari luar kota biasanya memanfaatkan tempat penginapan untuk istirahat sebelum melakukan ritual. Biasanya malam Jumat yang ramai peziarah luar kota. Kadang di penginapan ini disalahgunakan untuk menginap pasangan yang suami istri, dan inilah yang kami tindak,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI