Was-was, 52 Calhaj Belum Kantongi Visa

WONOGIRI (KRjogja.com) – Puluhan  calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Wonogiri kelompok terbang (Kloter) 52 embarkasi Donohudan Boyolali, was-was karena hingga kini belum ada kejelasan apakah mereka mendapatkan visa. Padahal, jadwal keberangkatan mereka tinggal belasan hari lagi tepatnya 29 Agustus mendatang.

Informasi dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, total ada 407 calhaj asal Kabupaten Wonogiri. mereka terbagi dalam dua kloter. Kloter 18 sejumlah 355 orang dan kloter 52 ada 52 orang. Khusus kloter 18 berangkat dari pendapa Pemkab Wonogiri Minggu (14/08/2016).

"Belum tahu dapat visa haji apa tidak, ini baca di media katanya di daerah lain banyak yang tidak mendapatkan visa, ketar-ketir juga,” ungkap salah satu calhaj kloter 52, akhir pekan lalu.

Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kemenag Wonogiri, Drs Ali Yatiman membenarkan belum keluarnya visa sejumlah calhaj daeranya. Hingga kini belum ada informasi resmi bagi 52 calhaj yang tergabung dalam kloter 52.
"Untuk kloter 18 sudah dapat semua,” ujar Ali Yatiman.

Ali akan terus berkoordinasi dengan embarkasi Donohudan. Tapi pihak embarkasi sendiri juga tidak bisa memberikan kepastian karena urusan visa merupakan wewenang kedutaan.  Padahal selama penyelenggaraan ibadah haji di Wonogiri, belum dijumpai ada calhaj yang terkendala tidak mengantongi visa.  (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI