Waston Guru Besar Pertama FAI UMS

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Prof Dr Waston menjadi Guru Besar pertama Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ia akan dikukuhkan rektor Prof Dr Sofyan Anif MSi sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Agama dan Filsafat, Sabtu (03/04/2021),

Sementara ini laju penambahan profesor di perguruan tinggi Islam swasta belum seperti yang diharapkan. Masih lamban dan jumlahnya sedikit. Diperkirakan di Indonesia baru sekitar 10 orang, 3 diantaranya di Jawa Tengah. “Universitas Wahid Hasyim Semarang 2 dan UMS 1,” jelas Prof Waston, Rabu (31/03/2021).

Menurutnya, yang membuat laju Guru Besar di perguruan tinggi Islam swasta masih rendah diantaranya karena terbatasnya media jurnal. Ini membuat para dosen kesulitan untuk menembus. Selain itu proses administrasi bitokrasi yang harus dilalui lebih panjang dari bidang umum.

Dari fakuktas harus ke Kopertais kemudian Kemenag baru ke Kemendiknas. Sedangkan bidang umum dari perguruan tinggi ke Lembaga Laynan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) langsung ke Kementerian.
“Tapi sekarang sudah diperbaiki sehingga saya lebih cepat proses guru besarnya.”

Prof Waston akan menyampaikan orasi ‘Masa Depan Kemanusiaan dan Keberagamaan: Era Pasca Pandemi di Indonesia dalam Teropong Filsafat’. (Qom)

BERITA REKOMENDASI