Wisatawan Abai Protokoler Kesehatan, Tanpa Masker Wajib Putar Balik

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Petugas gabungan bersama sukarelawan Tawangmangu menggelar razia masker di pintu masuk ke jalur wisata Tawangmangu, Senin (1/6/2020). Mereka mengingatkan pengguna jalan memakai alat pelindung pernafasan itu. Jika menolak, petugas terpaksa memintanya berbalik arah.

Camat Tawangmangu Rusdiyanto menyayangkan sikap para pengunjung wisata yang terkesan abai protokoler kesehatan. Hal itu terlihat saat Tawangmangu didera macet parah pada Minggu (31/5/2020). Para pengendara mobil dan sepeda motor itu tak sedikit tanpa masker. Mereka berkerumun di sudut-sudut tempat keramaian sepanjang Pasar Tawangmangu sampai ke bundaran HI dan Cemoro Kandang.

Meski tempat wisata masih tutup, namun para warga luar kota itu ingin menikmati suasana sejuk pegunungan. Terlebih, terdapat waktu longgar berlibur akhir pekan plus sehari Hari Lahir Pancasila. Rekaman kemacetan parah Tawangmangu sempat beredar viral di media sosial.

“Hari Minggu kemarin terjadi lonjakan lalu lintas di Tawangmangu. Penyekatan atau razia dilakukan di tiga titik keramaian di perbatasan Sumokado, Pasar dan Terminal Tawangmangu serta Cemoro Kandang yang berbatasan dengan Jawa Timur,” katanya kepada wartawan, Senin.

BERITA REKOMENDASI