Wonogiri Benahi Sejumlah Obyek Wisata

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRjogja.com – Sejumlah objek wisata di daerah Wonogiri dibenahi pihak Pemkab setempat kendati selama pandemi ditutup. Ketika situasi sudah aman maka Obwis milik pemerintah daerah tinggal mengoperasikan dalam kondisi layak dikunjungi wisatawan.

“Pemkab banyak menerima keluhan kalangan pelaku usaha pariwisata, tapi karena pandemi belum selesai maka kami hanya berharap mereka (pelaku usaha kepariwisataan) bersabar,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri Drs Pranata MM , Senin (2/8) siang. Diakui selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) objek wisata ditutup. Hal itu sudah diatur dalam aturan-aturan yang ada.

“Karena itu kan perlu edukasi dan sosialisasi. Kondisinya masih seperti ini, situasinya belum memungkinkan dibuka,” kata dia.

Objek wisata belum bisa dibuka karena dikhawatirkan bisa menimbulkan kerumunan pengunjung. Apabila terjadi kerumunan, dikhawatirkan akan muncul penularan korona disana.

Meski begitu, dia meyakini bahwa usai pagebluk, pariwisata memiliki potensi sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang besar. Salah satunya di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM), dimana dilakukan revitalisasi di sana.

“Revitalisasi saat ini tetap jalan,” kata Pranata.

BERITA REKOMENDASI