Wonogiri Optimis ‘Herd Immunity’ Segera Terbentuk

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo selaku Ketua Satgas Covid-19 gencar melakukan percepatan vaksinasi massal di daerahnya. Soalnya orang pertama di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri itu bertekad mempercepat herd immunity di kalangan masyarakatnya.

Pendopo kabupaten Wonogiri yang biasa lengang, Kamis (09/09/2021) ramai dipadati ribuan pelajar SLTA untuk divaksin. Bahkan sejak 24 Agustus lalu, vaksinasi di Wonogiri terus digenjot.

Sasaran pun sudah ditentukan terlebih dahulu demi memperlancar vaksinasi, mulai dari warga lansia, pedagang pasar, pedagang kaki lima (PKL), relawan, mahasiswa, pengurus ormas maupun pengurus rumah ibadah hingga para pelajar Kota Sukses mendapat giliran vaksin gratis.

Bahkan 26 Agustus lalu, dalam satu hari ada 11.834 dosis vaksin yang disuntikkan ke masyarakat berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes Wonogiri). Hingga berita kini 855.663 warga Wonogiri yang ditargetkan divaksin untuk memunculkan herd immunity, sekitar 32 persen diantaranya atau 276.372 warga ber-NIK Wonogiri sudah divaksin.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan strategi vaksinasi yang dilakukan di Wonogiri dilakukan per kelompok. Saat ini pun vaksinasi mulai menyasar pelajar SMA sederajat.

“Kalau ini nanti sudah selesai, kita bisa menyasar pelajar di SMP kemudian SD. Itu nanti juga berbarengan dengan sejumlah profesi di kalangan masyarakat umum,” kata dia kepada awak media.

Tak menutup kemungkinan, vaksinasi bagi pelajar SD dan SMP akan digabung. Sasarannya adalah mereka yang sudah berusia minimal 12 tahun.

Strategi aglomerasi kecamatan juga telah disiapkan untuk bisa mempercepat vaksinasi. Bupati juga menuturkan, stok vaksin saat ini juga mulai cukup banyak.

Vaksinasi untuk masyarakat yang memiliki profesi tertentu saat ini sedang digodok. Sasaran ini adalah mereka yang bekerja di bidang transportasi hingga para kelompok tani.

Setiap kecamatan juga diminta menyiapkan pendataan warganya yang masuk dalam kategori tersebut. Pihaknya pun optimis ‘herd immunity’ segera terwujud. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI