Wonogiri Raih Juara l Anugerah IDSD dari Gubernur Jateng

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRJogja.com-Kabupaten Wonogiri meraih penghargaan tingkat Provinsi Jawa Tengah Anugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) tahun 2021 kategori Faktor Penguat (Enabling Environment).  Kabupaten ini  berhasil menduduki juara I,  dimana penghargaannya  diserahkan  langsung Gubernur Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Kamis (25/11/2021).

Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda-Litbang) Pemkab Wonogiri Ir Heru Wibowo MM menjelaskan penghargaan Gubernur Jateng ini diberikan sebagai apresiasi atas prestasi Wonogiri dalam menjalankan faktor penguat (Enabling Environment) berupa Pilar Kelembagaan, Pilar Infrastruktur, dan Pilar Perekonomian Daerah.

“IDSD adalah ukuran yang menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan pemanfaatan seluruh potensi yang dimilikinya guna tercapainya kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan. Dengan memperoleh skor IDSD tertinggi diaspek penguat (Enabling Environment) diartikan sebagai daerah yang berhasil atas capaian Tata Kelola Pemerintahan yang baik, Keamanan dan Ketertiban yang kondusif, peningkatan Infrastruktur yang mantap, Pemenuhan Kebutuhan Infrastruktur Air Bersih, dan Ruang Terbuka Hijau yang memadai serta Stabilitas Ekonomi dan Keuangan Daerah yang baik,” terang Heru.

Penghargaan Anugerah IDSD merupakan kegiatan Pemprov  Jawa Tengah yang dilaksanakan dengan serangkaian tahapan penilaian. Tahap awal, ujarnya, kegiatan tersebut menggunakan alat ukur Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yang menggunakan 4 aspek, 12 pilar, 23 dimensi dan 97 indikator. “Empat aspek tersebut aspek penguat,  SDM,  pasar  atau market, serta aspek ekosistem inovasi yang diisi melalui sistem aplikasi berbasis website,” demikian Ketua Bappeda-Litbang Wonogiri.-(Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI