Wonogiri Sabet Plakat Opini WTP Keenam Kalinya

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Pemkab Wonogiri untuk keenam kalinya menerima plakat opini WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian. Raihan prestasi ini diperoleh melalui kerja keras, kerja ikhlas, semangat nyawiji dan sinergi semua pihak yang akhirnya dapat mewujudkan hasil terbaik dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD).

Dengan perolehan opini WTP ini mengandung arti bahwa LKPD Kabupaten Wonogiri yang disusun telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), memiliki kecukupan pengungkapan (adequate disclosure), serta memenuhi kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Disamping itu mencerminkan efektivitas sistem pengendalian internal.

Opini WTP atas LKPD dapat pula dimaknai sebagai prestasi tertinggi atas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang akuntabel. Penyerahkan plakat dan piagam penghargaan Menteri Keuangan RI atas perolehan opini WTP ini diterima Bupati Wonogiri Joko Sutopo dari BPK-RI melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Hartana, di ruang kerja Bupati Wonogiri, Selasa (12/10/2021).

Menurut Hartana, Pemerintah Kabupaten Wonogiri meraih opini WTP sejak TA 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020. Plakat dan Piagam Penghargaan tersebut telah diserahkan dalam secara Virtual Meeting dari Menteri Keuangan dalam Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 di Jakarta pada tanggal 14 September 2021.

Pada kesempatan tersebut Menteri Keuangan juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas penggunaan anggaran secara fleksibel dan responsive namun tetap akunrtabel dan transparan. Dilaporkan Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa yang telah disalurkan melalui kantor vertical Kementrian Keuangan di Daerah dalam hal ini KPPN Surakarta Pagu Dana Desa TA.2021 sebesar Rp.224.681.357.000.

Telah tersalurkan 100 persen ke Rekening Kas Desa, yang di dalamnya meliputi dana desa Non BLT & Dana BLT untuk 251 Desa dan sekitar 12.234 KPM atau keluarga penerima manfaat. “Patut kami apresiasi bahwa Penyaluran Dana Realisasi Dana Desa di Kabupaten Wonogiri ini mencatatkan prestasi yang sangat membanggakan karena termasuk dalam penilaian tercepat di Jawa Tengah dalam penyalurannya,” tandas Kepala KPPN Surakarta.

Atas prestasi meraih opini WTP enam tahun berturut-turut Bupati Wonogiri yang akrab disapa Mas Jekek menyatakan bersyukur dan bangga. Karena kerja dan kinerja jajaran Pemerintah Kabupaten Wonogiri diapresiasi pemerintah pusat.

“Yang membanggakan kalau pada penerimaan opini WTP tahun lalu kita masih ada sekiar 32 catatan kekurangan namun pada penerimaan ke 6 ini (WTP) tinggal ada 3 catatan saja,” katanya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI