Wonogiri Selatan Mulai Krisis Air Bersih

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Ratusan penduduk di tiga kecamatan Kabupaten Wonogiri seperti Pracimantoro, Paranggupito dan Giriwoyo dilaporkan mulai rawan air bersih. Warga mengakui krisis ekonomi akibat pendemi Covid 19 semakin dirasakan membebani keluarga dengan adanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan guna mendapatkan air minum atau air bersih.

Menyusul adanya gejala kekurangan air bersih di daerah Wonogiri selatan Komunitas AD 1 PM Family Sahabat Setiawan menyerahkan bantuan 60 tanki (360 ribu liter) air bersih dan paket sembako. Bantuan 60 tanki air bersih tersebut untuk tiga wilayah yakni Pracimantoro (40 tanki), Paranggupito (10) dan 10 tanki lainnya untuk warga Giriwoyo. Secara simbolis bantuan itu diserahkan Ketua Komunitas AD 1 PM Family Setiawan SM MSi di Dusun Kerjo Desa Gambirmanis Pracimantoro.

“Bantuan berupa air bersih ini diharapkan bisa membantu warga yang tengah kesulitan air bersih serta sembako dapat meringankan beban warga ekonomi lemah yang terdampak Covid-19,” kata Setiawan.

Kades Gambirmanis, Pardi, Senin (6/7), menyebutkan warganya sudah mulai kekurangan air bersih. Bagi mereka yang membeli air di desa itu kini sudah berkisar antara Rp 140-150 ribu per tanki. “Warga yang memiliki tandon atau PAH (penampung air hujan) dalam ukuran kecil atau sedang saat ini sudah harus beli (air bersih),” papar dia.-(Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI