Wonogiri Wacanakan Bangun TPST

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Angka produksi sampah rumah tangga di daerah Kabupaten Wonogiri dewasa ini dinilai sudah relatif besar. Sebagai solusi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Wonogiri akan membangun tempat pengolahan sampah terpadu (TPST).

"Wonogiri belum memiliki satupun TPST padahal idealnya setiap wilayah kecamatan harus ada tempat itu (TPST)," ungkap Kepala Dinas LHK Wonogiri Dra Toety lndarti MM kepada KR di kantor Pemkab Wonogiri, Selasa (3/10).

Hari ini Dinas LHK Wonogiri mengumpulkan 25 camat se-kabupaten dalam rangka penyusunan DED (Detail Engenering Desain) TPST. Setelah ada DED, kata dia, pihaknya akan mengajukan usulan ke pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan TPST yang dimaksudkan.

Camat Eromoko Danang Erawanto SSos menuturkan, pihaknya akan segera koordinasi dengan dinas terkait tingkat kecamatan guna mencari lahan sebagai calon lokasi TPST Eromoko. Sesuai persyaratan, areal TPST idealnya seluas 20.000 M2 dengan dukungan lainnya seperti jalan atau infrastruktur yang memadai.

"Kita harapkan di tempat tersebut (TPST) sampah sebelum masuk tempat pembuangan akhir (TPA) bisa diolah masyarakat di TPST," lanjut Kadis LHK Wonogiri. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI