Kasus Aktif Covid-19 di Purbalingga, Kecamatan Kalimanah Tertinggi

Editor: Ary B Prass

PURBALINGGA, KRJOGJA.com –  Kasus aktif Covid-19 di Purbalingga paling banyak ditemukan di wilayah kecamatan Kalimanah. Tidak kurang dari 198 kasus melanda wilayah dengan 14 desa dan kelurahan tersebut.  Angka itu melampaui kecamatan kota Purbalingga dengan 137 kasus aktif.

“Saat ini terdapat 1167 kasus aktif Covid-19 di Purbalingga. Tertinggi di wilayah Kalimanah itu. Yang paling rendah di kecamatan Rembang dan Kertanegara. Masing-masing hanya 13 kasus,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga, Hanung Wikantono, Minggu siang (27/6/2021).

Penyebaran virus Corona itu, menurut Hanung, lebih banyak muncu dari sejumlah klaster. Yang paling menonjol yakni klaster hajatan. Disamping klaster rumah ibadah dan lainnya.

“Intinya kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan tanpa prokes yg proper (layak),” ujarnya.

Bukan warga biasa yang berpotensi menyebarkan virus corona. Hanung juga menyebutkan adanya klaster perkantoran di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Klaster perkantoran sudah merebak di Inspektorat Kabupaten, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag), Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Dinas Pertanian (Dinpertan), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Badan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), Dinas Kesehatan (Dinkes), bahkan Puskesmas dan rumah sakit. Di linkungan BUMD terdapat klaster PDAM. Dan Lembaga vertikal  terdapat klaster Kejaksaan negeri.  (Rus)

BERITA REKOMENDASI