Mahasiswa Papua Yogyakarta Deklarasikan Dukungan DOB

YOGYA, KRJOGJA.com – Melkias Same bersama puluhan mahasiswa asal Papua study Yogyakarta melakukan deklarasi di salah satu cafe di Yogyakarta.

“Kami mahasiswa Papua Study Yogyakarta menyatakan dukungannya, atas rencana pemekaran daerah otonom baru (DOB) di wilayah Papua, dan keberlanjutan Otsus Jilid II, untuk kesejahteraan rakyat Papua,” kata mahasiswa senior ini.

Sebagaimana diketahui sebanyak
13 Bupati dan 1 Wali Kota di Papua Barat, beserta kepala suku dan tokoh adat, agama dan masyarakat telah mendeklarasikan untuk mendukung penuh pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di tanah Papua.

Deklarasi dukungan Otsus dan DOB dilakukan mengingat pemekaran dapat membuat papua barat semakin maju.
Hal serupa juga dilakukan oleh Bupati Mimika Eltimus Omaleng pada (15/6/2022) bertempat di Gereja Mile 32 bersama ribuan warga yang menyatakan sikap mendeklarasikan untuk mendukung kebijakan otonomi khusus (otsus) jilid II dan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Tengah.

Eltinus Omaleng membacakan tiga poin ikrar yaitu mendukung upaya penyelesaian konflik di Papua secara bermartabat demi tercapainya Papua damai.

Lalu, mendorong penyelesaian masalah Papua secara rekonsiliasi dan restitusi menuju Papua yang aman dan mendukung otsus jilid II dan pemerakan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Tengah. (*)

BERITA REKOMENDASI