Patung Bregada Ini bisa Deteksi Suhu Tubuh Pengunjung Malioboro

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta benar-benar memastikan benar-benar menjaga kondusifitas kondisi kawasan Malioboro yang agak berbeda pada liburan akhir tahun ini. Guna menghadapi malam pergantian tahun baru yang dipastikan tidak terhindarkan dari keramaian, pihaknya menerjunkan petugas keamanan, kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan dengan inovasi pemasangan termometer wajah di setiap bregada yang ditempatkan di setiap pintu gerbang zona dan memastikan tidak ada pertunjukan di sepanjang Malioboro di tengah masa pandemi Covid-19.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Malioboro Ekwanto mengatakan petugas Jogoboro tetap disiagakan, yang berbeda adalah penambahan petugas dari Satpol PP dan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta. Pihaknya tidak bisa menyebutkan jumlah angka pastinya, tetapi yang jelas ada penambahan petugas di kawasan Malioboro selama libur akhir tahun ini.

“Kami pastikan petugas gabungan Pemkot Yogyakarta siap mengamankan libur tahun baru di kawasan Malioboro. Kami pun melakukan inovasi fasilitas atau sarana prasarana (sarpras) untuk meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan di kawasan Malioboro,” ujar Ekwanto di Yogyakarta, Senin (28/12).

Ekwanto menyampaikan setiap zonasi pemeriksaan yang berada di kawasan Malioboro baik sisi Barat maupun Timur telah dilengkapi gerbang zonasi, kemudian pembaharuan wastafel, kursi diberikan penanda jaga jarak, adanya petugas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan sebagainya. Gerbang zonasi tersebut kini dijaga patung bregada prajurit Kraton Yogyakarta dengan memegang termometer wajah yang bertugas memeriksa suhu badan pengunjung di Malioboro yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh petugas.

BERITA REKOMENDASI