Patung Bregada Ini bisa Deteksi Suhu Tubuh Pengunjung Malioboro

“Termometer wajah ini sudah dipasang di setiap patung bregada yang dipasang di gerbang setiap zonasi. Ada 8 unit termometer wajah yang di pasang di 4 zona dengan 8 gerbang yang kami pasang di Malioboro mulai pukul 08.00 hingga pukul 00.00 WIB, setelahnya alat diistirahatkan untuk diisi daya baterainya,” jelasnya.

Termometer wajah tersebut, diungkapkan Ekwanto akan dipasang di seluruh gerbang zonasi atau total 10 pintu gerbang, namun di zona 5 di Titik Nol Kilometer masih terkendala dengan luasan area sehingga belum dipasang. Sehingga termometer wajah ini dioptimalkan di 4 zona dengan 8 pintu gerbang baik sayap Timur maupun Barat Malioboro.

“Tingkat kunjungan di Malioboro terus meningkat di kisaran 1.000 hingga 1.500 orang setiap harinya, belum lagi melonjak drastis ketika libur akhir pekan. Hal inilah yang masih menimbulkan kerumunan di Malioboro, sehingga petugas harus bekerja ekstra untuk membubarkan kerumunan tersebut dan masih kurangnya kesadaran masyarakat,” tandasnya.

Wisatawan di Malioboro masih didominasi wisatawan lokal maupun domestik baik dari dalam maupun luar DIY seperti dari Jawa Tengah, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur hingga saat ini. Dengan kecenderungan peningkatan kunjungan wisatawan di Malioboro ini, pihaknya tidak henti-hentinya melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan mulai dari wajib menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun. (Ira)

BERITA REKOMENDASI