Lonjakan Kasus Covid di DIY, Orangtua Dihimbau Tak Ajak Anak Liburan Dulu

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJogja.com – Kasus harian Covid-19 DIY kembali mencapai rekor tertinggi sepanjang pandemi dengan total 595 pada, Kamis (17/6/2021). Pun demikian dengan kasus kematian harian, mencapai 18 kasus sepanjang hari kemarin.

Jumlah pasien yang mampu sembuh memang jauh lebih banyak (270 kasus) dengan kumulatif 44.843 hingga Kamis kemarin. Namun situasi ini menimbulkan keprihatinan sekaligus kewaspadaan karena menjadi paling tinggi sepanjang pandemi sejak Maret 2020 lalu.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, memastikan menunda pembelajaran tatap muka yang sedianya dilaksanakan mulai bulan depan. DIY memilih menunggu kasus Covid mereda untuk mengambil kebijakan lanjutan terkait pembelajaran tatap muka.

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardoyo mengharapkan di situasi saat ini, agar para orangtua tidak mengajak anak-anaknya berlibur atau bepergian keluar rumah. Pasalnya, sebaran kasus Covid di DIY meninggi dalam beberapa hari terakhir meski di sisi lain, kini anak-anak sedang merasakan liburan sekolah.

“Tentunya semua orang sudah tahu kalau perkembangan Covid di Jogja tinggi. Masa liburan sebaiknya digunakan untuk mengejar kekurangan materi-materi yang kemarin belum maksimal, karena kita selalu mengimbau dengan membangun kebiasaan membaca itu di dalam beberapa tes sangat berpengaruh signifikan. Termasuk tahun ini kan kita ada tes literasi awal atau akhir, jadi kan perlu persiapan-persiapan membaca banyak belajar. Mengurangi mobilisasi akan lebih baik,” ungkap Didik pada wartawan.

BERITA REKOMENDASI