PPM UMY Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Magelang

MAGELANG, KRJOGJAcom – Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bekerjasama dengan Klinik Pratama Al-Ikhlas Muhammadiyah Borobudur. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah).

Program ini melibatkan Magister Administrasi Rumah Sakit, Program Pascasarjana UMY yang diketuai Dr dr Nur Hidayah SE MM dan Anggotanya dr Mahemdro Kusumo MM. Selain pemeriksaan dan pengobatan gratis, juga diadakan penyuluhan kesehatan dengan sasaran Ranting ‘Aisyiyah Borobudur 3, dan Griya Lansia Kembang Setaman Cabang ‘Aisyiyah Borobudur.

Kegiatan pertama di Masjid Daarul Ulum Komplek Perguruan Muhammadiyah Borobudur tanggal 5 Februari 2020. Sedang, kegiatan ke dua di Klinik Pratama Al Ikhlas Muhammadiyah Borobudur tanggal 15 Februari 2020. Untuk kegiatan pertama dikuti 40 orang sedang kegiatan kedua 30 orang.

Kegiatan diawali dengan peneriksaan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, berat badan, gula darah, asam urat dan kholesterol secara gratis.Untuk yang ditemukan adalah masalah kesehatan dari hasil pemeriksaan dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembukaan, pembaacaan Kalam Ilahi, menyanyikan Mars Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, dilanjutkan ceramah atau penyuluhan kesehatan. Peserta juga diminta untuk mengisi form untuk memberikan saran-saran bagi perkembangan Klinik Pratama Al Ikhlas Muhammadiyah Borobudur ke depan.

Para peserta sebagian besar mengharapkan agar Klinik Pratama Al Ikhlas Muhammadiyah Borobudur terus ditingkatkan pelayanannya dan segera bekerjasama dengan BPJS.

Menurut Dr Nur Hidayah, kegiatan yang dikoordinir Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY)  ini juga bertujuan  mempromosikan Klinik Pratama Al Ikhlas Borobudur di lingkungan ‘Aisyiyah sebagai organisasi otonom wanita Muhammadiyah Cabang Borobudur. (*)

BERITA TERKAIT