Sebanyak 338 Peserta Meriahkan Festival Pejalar Pancasila

user
Ary B Prass 04 Juli 2022, 13:10 WIB
untitled

KLATEN, KRJOGJA.com – Polres Klaten bersama Komunitas Omah Sambung Klaten dan Forum OSIS Klaten (Foska) menggelar Festival Pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan Hari Bhayangkara ke 76.

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH melalui Wakapolres Kompol Sumiarta SH MH Senin (4/7/2022) menjelaskan, Festival Pelajar Pancasila melombakan empat kategori.

Yakni karya tulis ilmiah, orasi, poster, dan seni daur ulang sampah. Festival diikuti oleh 338 pelajar SMA, SMK dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Klaten.

“Salah satu tujuan lomba atau Festival Pelajar Pancasila ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dan nasionalisme kepada para generasi muda. Para pelajar ini kita dorong agar mampu menjaga sekaligus mengimplementasikan Pancasila, karena mereka inilah penerus kita,” kata Kompol Sumiarta.

Anggota Komisi IX DPR RI sekaligus pembina Omah Sambung, Muchammad Nabil Haroen (Gus Nabil) menyatakan salut atas antusiasme pelajar di Klaten dalam mengikuti Festival Pelajar Pancasila.

Ia berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun atau setiap semester, karena antusiasme pelajar untuk mengikuti festival ini sangat tinggi.

”Semula saya perkirakan pesertanya hanya sekitar seratus orang, ternyata mencapai tiga ratus pelajar. Dan karya para pelajar ini sangat bagus dan berkualitas. Ini sudah seperti bukan karya pelajar lagi, tetapi sudah seperti karya seorang mahasiswa,” kata Gus Nabil.

Puncak Inagurasi Festival Pelajar Pancasila Sabtu, 2 Juli 2022, dihadiri oleh Wakapolres Klaten, Anggota Komisi IX DPR RI sekaligus pembina Omah Sambung, Muchammad Nabil Haroen, perwakilan Forkopimda dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Pada Puncak Inagurasi Festival Pelajar Pancasila diserahkan tropi dan uang pembinaan kepada para pemenang.

Para pemenang Festival Pelajar Pancasila adalah, Lomba poster, juara  1 diraih SMK Muh. 1 Klaten, juara 2 diraih SMA N 1 Wonosari, dan juara 3 SMK N 1 Gantiwarno.

Lomba orasi, juara 1 diraih SMA N 1 Cawas, juara 2 diarih SMA N 1 Cawas, dan juara 3 diraih MAN 2 Klaten.

Lomba daur ulang, juara 1 diraih SMA N 1 Karangdowo, juara  2 diraih MAN 2 Klaten, dan juara 3 diraih SMA N 1 Jogonalan.

Lomba Karya tulis, juara 1 diraih SMA N 1 Klaten, juara 2 diraih SMA N 2 Klaten, dan juara 3 diraih SMA N 2 Klaten. (Sit)

Credits

Bagikan