Demokrat Bangun Koalisi dengan Seluruh Elemen Bangsa

user
Ary B Prass 28 Juni 2022, 23:37 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Partai Demokrat membangun koalisi dengan seluruh elemen Bangsa Indonesia. Komunikasi antar partai terus dibangun di tengah terus naiknya hasil elektabilitas Partai Demokrat yang di salah satu survey, berada di angka 11,6 persen.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng mengatakan, silaturahmi menyeluruh itu terus dilakukan di bawah kepemimpinan Ketua Umum DPP Partai Demokrat agus Harimurti Yudhoyono.

"Silaturahmi 360 derajat kita bangun terus, menyeluruh dengan berbagai elemen bangsa, kita bangun koalisi dulu," tuturnya usai ziarah di makam Jenderal Sarwo Edhi Wibowo, Purworejo, mendampingi Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, koalisi harus dibangun dulu sebelum berbicara tentang siapa calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung tahun 2024. Adapun soal pencapresan, kata Andi, akan dilakukan belakangan setelah koalisi berhasil dibangun.

Terlebih, lanjutnya, pendaftaran capres dan cawapres Pilpres 2024 baru dilakukan pada September 2023. "AHY memang tokoh Demokrat yang didorong untuk menjadi pimpinan nasional, tapi kita sekarang bangun koalisi dulu," ungkapnya.

Dikatakan, Partai Demokrat tidak akan pilih-pilih dalam bekerjasama membangun bangsa. Andi menegaskan jika partainya siap bekerjasama dengan siapa pun.

Menurutnya, partai mengusung platform perubahan dan perbaikan.

"Jadi yang sepakat dengan platform itu, mari kita kerja sama, tapi jika ada yang tidak mau kerja sama karena tidak setuju dengan platform itu, tentu itu hak masing-masing partai," terangnya.

Andi mengungkapkan, muncul kabar ada partai yang enggan bekerja sama dengan PKS dan Demokrat. "Itu hak masing-masing, tapi Demokrat siap bekerjasama dengan banyak pihak, termasuk dengan PDIP," tegasnya.

Dijelaskan, kerja sama partainya dengan PDIP sebenarnya kerap dibangun dalam berbagai kesempatan. Misalnya, lanjut Andi, almarhum Taufik Kiemas yang menjadi Ketua MPR dan Ganjar Pranowo jadi Gubernur Jawa Tengah juga atas kerja sama Partai Demokrat dengan PDIP.

"Kami siap bangun sama-sama, kalau tidak mau kerja sama karena platformnya beda, tidak masalah," tuturnya.

Sementara itu, dalam ziarah, Susilo Bambang Yudhoyono juga didampingi oleh beberapa pengurus DPP Partai Demokrat dan DPC di Kabupaten Purworejo. SBY juga disambut Bupati Purworejo Agus Bastian yang juga kader partai.

Usai berdoa dan tabur bunga, rombongan SBY melanjutkan perjalanan menuju Magelang. (Jas)

Kredit

Bagikan