Ketua KPU Bantul: PDPB untuk Perbarui dan Evaluasi DPT

user
danar 28 Juni 2022, 07:10 WIB
untitled

BANTUL , KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul punya komitmen menyajikan daftar pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir dalam menghadapi pemilu 2024. Untuk mencapi hal tersebut digulirkan program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). PDPB merupakan kegiatan memperbaharui data pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Pemilu atau pemilihan terakhir dan sudah disinkronkan dengan data kependudukan secara nasional.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, Senin (27/6/2022) mengatakan, merujuk definisi tersebut, dalam kegiatan PDPB, KPU Bantul menggunakan data dasar Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan bupati dan wakil Bupati Bantul tahun 2020, berjumlah 704.688 pemilih.

"Dasar hukum ialah pelaksanaan PDPB yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan," ujarnya.

Dijelaskan, tujuan dari PDPB yakni memelihara, memperbaharui, dan mengevaluasi DPT Pemilu atau pemilihan terakhir secara terus-menerus dan berkelanjutan yang digunakan untuk penyusunan DPT pada Pemilu dan/atau Pemilihan berikutnya. Selain itu, juga untuk menyediakan data dan informasi pemilih berskala nasional dan daerah mengenai Data Pemilih secara komprehensif, akurat, dan mutakhir.

"KPU Kabupaten Bantul memutakhirkan data pemilih berkelanjutan setiap bulan dengan cara menyandingkan DPT tahun 2020 dengan data-data kependudukan yang diperoleh dari berbagai stakeholder di wilayah Kabupaten Bantul yaitu Bawaslu, Polres Bantul, Kodim 0729 Bantul, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Balai Pendidikan Menengah, DPC Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), DPC Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI), dan tanggapan langsung dari masyarakat," jelasnya.

Sementara sejak Januari hingga Mei 2022 KPU Bantul telah melakukan pemutakhiran data dengan rincian, jumlah pemilih baru 893 pemilih berasal dari pemilih pemula 853 pemilih, pensiunan Polri 9 pemilih, pensiunan TNI 14 pemilih, pindah masuk 17 pemilih. (Roy)

Kredit

Bagikan