Tingkatkan Jiwa Pengusaha, FE Unwahas Resmikan Lab Wirausaha

user
agus 26 Mei 2022, 18:41 WIB
untitled

SEMARANG, KRJOGJA.com - Sebagai upaya meningkatkan ketrampilan berbisnis dan mengembangkan kewirausahaan, Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim (FE Unwahas) meresmikan Laboratorium Kewirausahaan bagi mahasiswa belum lama ini.

Peresmian yang dihadiri para Wakil Rektor, Dekan FE Dr Hasan SE MSc beserta jajaranya tersebut dilaksanakan secara langsung di Soul Cafe kawasan Banyumanik, Semarang.

Ide laboratorium wirausaha ini muncul salah satunya karena kenyataan bahwa di kalangan mahasiswa minat untuk bergelut di bidang wirausaha boleh dikata masih sangat minim. Sehingga banyak yang masih berpikir bahwa kuliah hanya untuk menjadi karyawan atau pegawai.

Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa kurang berminat untuk berwirausaha yaitu tidak adanya modal untuk memulai usaha, atau tidak pernah dibekali dengan pengetahuan seputar wirausaha. Padahal sebenarnya gelar sarjana tidak menjamin seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Pola pikir mahasiswa yang demikian perlu dibenahi agar dapat lebih memahami seberapa besar peranan wirausaha dalam kehidupan sehari-hari.

Ratna Pratiwi MSi MM selaku Owner Soul Cafe sekaligus pendamping utama mahasiswa kepada pers Rabu (25/5/2022) menjelaskan jika peresmian tersebut berawal dari pentingnya lokasi praktek mahasiswa dalam mata kuliah praktek kewirausahaan.

“Dalam praktek kewirausahaan mahasiswa cukup kesulitan menemukan lokasi yang dapat digunakan bersama dalam hal memproduksi produk yang mereka miliki, untuk menjadi bagian tugas mata kuliah praktek kewirausahaan” ungkapnya.

Lebih lanjut Ratna Pratiwi MSi MM yang sekaligus sebagai Ketua Program Studi Manajemen Universitas Wahid Hasyim mengungkapkan jika Mahasiswanya sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran kewirausahaan bersama.

“Laboratorium ini akan menjadi pusat pendidikan berkaitan kompetensi kewirausahaan, dengan menghadirkan produk asli olahan mahasiswa yang bukan hanya dijual di cafe ini tetapi juga dalam bentuk frozen food” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr Nur Cholid MAg MPd mengungkapkan apresiasinya dalam peresmian tersebut.

“Kami sebagai pimpinan universitas sangat mendukung wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa dengan membuka laboratorium ini. Tentunya kami berharap hal tersebut dapat menjadi contoh bahwa mahasiswa dapat berwirausaha” ungkapnya.

Dr. Nur Cholid MAg MPd juga mejelaskan jika mahasiswa yang melakukan pengembangan usaha berkesampatan mendapatkan dana hibah dari Kemendikbudristek sebesar 20 juta.

Secara simbolis peresmian laboratorium ditandai dengan pemotongan tumpeng Dekan Fakulas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim bersama Wakil Rekto IV Dr Helmy Purwanto ST MT. (Sgi)

Kredit

Bagikan