Puncak Arus Balik Dari Yogya Terlampaui

user
danar 09 Mei 2022, 06:50 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Puncak arus balik Lebaran 2022 dari Yogya berhasil terlampaui dengan tertib. Dalam sehari, puluhan ribu penumpang diberangkatkan baik melalui moda transportasi kereta api maupun armada bus.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta, mengungkapkan puncak arus balik di wilayahnya terjadi pada Minggu (8/5/2022) kemarin. "Jumlah penumpang yang diberangkatkan dari terminal mulai mengalami kenaikan signifikan sejak Sabtu (7/5/2022) sekitar 17.000 penumpang dan diperkirakan puncaknya hari ini sekitar 20.000 penumpang," jelasnya.

Peningkatan jumlah penumpang tersebut salah satunya disebabkan banyaknya program mudik gratis yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan Yogyakarta sejak Sabtu (7/5/2022) hingga Senin (9/5/2022). Rata-rata dalam sehari diberangkatkan 30-35 bus mudik gratis yang diselenggarakan oleh berbagai instansi.

Pada Minggu (8/5/2022) kemarin tercatat ada 46 bus yang diberangkatkan untuk mudik gratis dengan tujuan Jakarta. Program mudik gratis tersebut difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan dan Pemda DKI Jakarta. Dirinya juga memastikan seluruh bus program mudik gratis dan bus trayek reguler yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan Yogyakarta sudah menjalani inspeksi keselamatan (ramp check)  untuk memastikan bus dalam kondisi laik jalan.

"Penumpang pun diingatkan untuk memilih bus yang sudah memiliki stiker lolos uji kelaikan. Ditempel di kaca depan," imbuhnya.

Peningkatan kepadatan di jalan raya selama masa arus balik lebaran, lanjut Bekti, mempengaruhi jadwal kedatangan bus di Terminal Giwangan. Bus dari arah barat dan timur rata-rata mengalami keterlambatan masuk terminal sekitar empat jam karena jalan sangat padat. Untuk mengurai antrean penumpang, Terminal Giwangan kemudian memberangkatkan bus tambahan berkolaborasi dengan Organda.

"Sebagian besar diberangkatkan ke Surabaya, Cilacap, dan Purwokerto. Ada 60 bus tambahan yang dijalankan," katanya.

Sedangkan di PT KAI Daop 6 Yogya, puncak arus balik terjadi pada Sabtu (7/5/2022) dengan 21.310 penumpang yang diberangkatkan. Sedangkan pada Minggu (8/5/2022), jumlah penumpang yang diberangkatkan tercatat sebanyak 18.676 penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya Supriyanto, menjelaskan kepadatan penumpang di berbagai stasiun di wilayahnya terus berkurang mulai Senin (9/5/2022) dengan sekitar 14.000 penumpang yang diberangkatkan.

"Ada delapan perjalanan kereta tambahan yang kami operasikan untuk mendukung 19 perjalanan kereta reguler. Masih ada juga 20 perjalanan kereta yang melintas Daop 6. Sehingga total terdapat 94 perjalanan kereta," terangnya. (Dhi)

Kredit

Bagikan